Kamis, 05 Oktober 2017

PENGERTIAN EVALUASI PENDIDIKAN


Untuk kalian sebagai calon seorang guru pasti bertanya-tanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan evaluasi pendidikan, nah disini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan Evaluasi Pendidikan.
semoga bermanfaat😊

EVALUASI PENDIDIKAN
Evaluasi dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “evaluation”. Evaluasi secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (tujuan, kegiatan, keputusan, untuk kerja, proses, orang, ataupun objek) berdasarkan kriteria tertentu.[1]
Evaluasi bukan sekumpulan teknik, melainkan suatu proses yang berkelanjutan yang mendasari seluruh kegiatan pembelajaran yang baik. Evaluasi dalam arti luas dapat diartikan sebagi suatu proses merncanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi atau data yang diperlukan sebagai dasar untuk membuat alternatif keputusan.
Wrighstone mengemukakan bahwa evaluasi adalah penafsiran terhadap kemajuan dan pertumbuhan siswa kearah tujuan atau nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum.[2] Sedangkan menurut Wysong (1974) mengemukakan bahwa evaluasi adalah proses untuk menggambarkan, memperoleh, atau menghasilkan informasi yang berguna untuk mempertimbangkan suatu keputusan.
Menurut ahli Ralph Tyler (1950) mengatakan bahwa evaluasi merupakan sejumlah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum ada apa sebabnya.[3]
Adapun menurut Depdiknas (2006) menjelaskan bahwa evaluasi adalah kegiatan mengidentifikasi untuk melihat sesuatu program yang direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat efesiensi pelaksanaannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pendidikan adalah proses atau kegiatan untuk mengukur dan menilai kemampuan siswa dalam pembelajaran seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk membuat keputusan tentang status kemampun siswa tersebut. 



DAFTAR PUSTAKA


[1] Dimyati dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, h. 191
[2] M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung:PT.Remaja        Rosdakarya, 2002), Cet 2, h. 3
[3] Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), Cet 2, h. 3
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar