Untuk kalian sebagai calon seorang guru pasti bertanya-tanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan evaluasi pendidikan, nah disini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan Evaluasi Pendidikan.
semoga bermanfaat😊
EVALUASI PENDIDIKAN
Evaluasi
dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “evaluation”. Evaluasi secara umum
dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu
(tujuan, kegiatan, keputusan, untuk kerja, proses, orang, ataupun objek)
berdasarkan kriteria tertentu.[1]
Evaluasi
bukan sekumpulan teknik, melainkan suatu proses yang berkelanjutan yang
mendasari seluruh kegiatan pembelajaran yang baik. Evaluasi dalam arti luas
dapat diartikan sebagi suatu proses merncanakan, memperoleh, dan menyediakan
informasi atau data yang diperlukan sebagai dasar untuk membuat alternatif
keputusan.
Wrighstone
mengemukakan bahwa evaluasi adalah penafsiran terhadap kemajuan dan pertumbuhan
siswa kearah tujuan atau nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum.[2]
Sedangkan menurut Wysong (1974) mengemukakan bahwa evaluasi adalah proses untuk
menggambarkan, memperoleh, atau menghasilkan informasi yang berguna untuk
mempertimbangkan suatu keputusan.
Menurut
ahli Ralph Tyler (1950) mengatakan bahwa evaluasi merupakan sejumlah proses
pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana
tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum ada apa
sebabnya.[3]
Adapun
menurut Depdiknas (2006) menjelaskan bahwa evaluasi adalah kegiatan
mengidentifikasi untuk melihat sesuatu program yang direncanakan telah tercapai
atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat efesiensi
pelaksanaannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pendidikan
adalah proses atau kegiatan untuk mengukur dan menilai kemampuan siswa dalam
pembelajaran seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk membuat
keputusan tentang status kemampun siswa tersebut.
[2]
M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan
Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya, 2002), Cet 2,
h. 3
[3]
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), Cet 2, h.
3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar