berikut ini saya cantumkan contoh dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) kurikulum 2013..................
semoga bermanfaat ya bagi semua calon guru....☺😁
berikut adalah cotoh RPP yang pernah saya buat untu tugas kuliah saya dengan mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MIN
2 METRO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : IV
Semester : II
Materi Pokok : Pengertian
dan tujuan menyimak serta menyimak suatu cerita
Alokasi Waktu : 2
X 35 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 :Menerima dan menjelaskan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 :Memiliki perilaju
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
KI 3 :Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati ( mendengarkan, melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang
dijumpainya dirumah dan disekolah.
KI 4 :Menyajikan kemampuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1
Memahami pengertian menyimak
1.2
Mengetahui tujuan menyimak
|
1.1.1.
Siswa dapat memahami pengertian menyimak.
1.2.1. Siswa
dapat menyebutkan
tujuan
menyimak.
|
2
|
1.3
Menyimak suatu cerita
|
1.3.1.
Siswa dapat menyimak suatu cerita
dengan baik.
1.3.2.
Siswa dapat mengulang kembali cerita yang disampaikan.
|
1.
Siswa mampu memahami pengrtian menyimak
2.
Siswa mampu menyebutkan tujuan menyimak
3.
Siswa mampu menyimak suatu cerita dengan baik
4.
Siswa mampuu mengulang kembali suatu cerita yang
disampaikan
5.
Siswa mampu menyebutkan kata-kata yang ada didalam sebuah
cerita
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Menyimak
Menyimak adalah suatu proses
yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menilai,
dan mereaksi atas makna yang terkandung didalamnya.
Menyimak melibatkan:
a.
Pendengaran
b.
Penglihatan
c.
Penghayatan
d.
Ingatan
Hakikat menyimak itu sendiri
adalah mendengarkan dan memahami isi bahan simakan.
2.
Tujuan Menyimak
Menyimak pada hakikatnya
ialah mendengarkan dan memahami isi bahan simakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa
tujuan utama menyimal ialah menangkap, memahami atau menghayati pesan, ide,
gagasan yang tersirat dalam bahan simakan.
E.
Metede Pembelajaran
Strategi koperatif
: metode ceramah, diskusi kelompok
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Laptop, LCD
2.
Alat / Bahan
Spidol, Papan Tulis, Penghapus
3.
Sumber
Buku LKS Siswa
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Berdoa
b.
Motivasi
Agar anak lebih bersemangat
untuk belajar Bahasa Indonesia.
|
2 x 35 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1. Mendendengarkan
uraian guru tentang pengertian dan tujuan menyimak
2. Guru
menceritakan suatu cerita
3. Menjawab
pertanyaan dari cerita yang diceritakan
b.
Mengamati
a. Siswa
diminta untuk mencermati sebuah cerita.
b. Siswa
menjawab pertanyaan dari cerita tersebut.
c.
Elaborasi
a. Siswa diminta membuat kelompok
b. Menyampaikan materi diskusi
c. Menyebutkan atau menyimpulkan
materi diskusi
d.
Permainan / Game
Game untuk meningkatkan kemampuan menyimak
|
|
3.
|
Penutup
a.
Menyimpulkan kembali pengertian dan
tujauan menyimak
b. Pemberian tugas atau PR
c. Doa
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
Tugas
1. Diskusi kelompok
2. Menyampaikan hasil diskusi
Tertulis
1.
Mennilai hasil individu secara kelompok atau individu
2.
Menjawab soal-soal dari sebuah cerita
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kerapian
|
||||
2
|
Kedisiplinan
|
||||
3
|
Sopan santun
|
No.
|
Indikator Yang dicapai
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Siswa mampu memahami pengertian menyimak
|
||||
2
|
Siswa mampu menyebutkan tujuan menyimak
|
||||
3
|
Siswa dapat menyimak suatu cerita dengan baik
|
||||
4
|
Siswa dapat mengulangi kembali cerita dan menjawab
pertanyaan dari cerita yang disampaikan
|
Catatan:
*4= Sangat baik 3 = Sedang
2= Baik
1 = Kurang Baik
Rentang Soal = Skor Maksimal– Skor
Minimal
= 32 – 8
= 24/ 3 = 8
MK = 25 - 32
MB = 17 - 24
MT =
9 - 16
BT =
8
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku
yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
Mengetahui,
Kepala sekolah MIN 2 METRO,
Hermansyah Trimantara M.Pd
Nip.
|
Metro, 11 April 2016
Guru Mata Pelajaran,
Miftakhul Janah
Npm. 1501050122
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar